Sabtu, 13 Oktober 2012

Ikan Turunkan Resiko Stroke


 Ikan Turunkan Resiko Stroke
Yang ini kabar gembira bagi penggemar ikan. Sebuah study menemukan, wanita yang makan ikan lebih dari 5 kali per minggu mengalami penurunan resiko stroke hingga 52 persen dibandingkan wanita hanya makan ikan kurang dari sekali sebulan. Pada wanita yang mengkonsumsi ikan 2-4 kali per minggu, resiko stroke menurun 27 persen. Mereka yang makan ikan minimal 3 kali per bulan juga ditemukan mengalami penurunan resiko stroke 7 persen. Hasil ini diperoleh melalui setudy atas 80.000 wanita usia 34-59 tahun selama 14 tahun.
“Study kami menunjukkan bahwa konsumsi ikan dan asam lemak omega 3 mungkin membantu menurunkan resiko stroke. Ini hendaknya diterima sebagai salah satu bukti bahwa menambah konsumsi ikan bisa memberikan manfaat penting bagi kesehatan” kata dr. Ktrhryn M. Rexrode dari Women’s Hospital di Boston, Massachusetts. Namun, konsumsi ikan tidak berpengaruh atas stroke yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah otak, yang biasa dikenal sebagai stroke hemoragis.
Ditambahkan dr. Ktrhryn, asam lemak omega 3 dosis tinggi sekitar 15 gram per hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Padahal, tekanan darah tinggi dikenal sebagai salah sati factor resiko stroke dan sakit jantung. Dalam 5 ons ikan salmon terdapat 7,5 gram asam lemak omega 3. “Lebih baik meningkatkan kualitas kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dari pada mencoba minum suplemen,” katanya. 
 

 

Tidak ada komentar: